Home / News / Tersangka Korupsi Buku SD dan SLB Ditangkap Ngumpet di Rumah Mertua

Tersangka Korupsi Buku SD dan SLB Ditangkap Ngumpet di Rumah Mertua

Tersangka Korupsi Buku SD dan SLB Ditangkap Ngumpet di Rumah Mertua

Tersangka Korupsi Buku SD dan SLB Ditangkap Ngumpet di Rumah Mertua

JagoBola.com – Tersangka korupsi pengadaan buku pada Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) akhirnya ditangkap di tempat persembunyiannya di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Senin (9/2). Kapolres Nunukan, AKBP Christian Tori mengatakan, tersangka atas nama Amal Masgur merupakan rekanan pengadaan buku dana alokasi khusus (DAK) untuk murid SD dan SLB setempat pada 2012.

Dia mengungkapkan, penangkapan dilakukan terhadap yang bersangkutan karena selama ini selalu mangkir dari panggilan penyidik kepolisian sehingga dilakukan pencarian dan akhirnya berhasil ditemukan di rumah mertuanya di Pulau Batam, Kepri, pada Senin (9/2) sekitar pukul 01.30 waktu setempat. Dikutip dari Antara.

Tersangka yang tiba di Bandara Nunukan dengan menumpang pesawat Kalstar sekitar pukul 16.00 wita dengan tangan terborgol mengenakan baju kaos oblong warna hitam dikawal ketat aparat kepolisian setempat.

Christian Tori menambahkan, sebelum diterbangkan ke Kabupaten Nunukan sebelum menginap di Polda Kaltim untuk dimintai keterangan untuk menggali informasi sekaitan dengan dugaan korupsi yang dilakukannya terhadap proyek pengadaan buku yang dibiayai APBN tersebut.

“Jadi tersangka ini sempat diinapkan di sel Polda Kaltim satu malam sebelum diterbangkan ke Nunukan untuk dimintai keterangan sekaitan dengan keterlibatannya selaku rekanan dalam dugaan kasus korupsi pengadaan buku yang dibiayai APBN tersebut,” ujar dia kepada sejumlah wartawan.

Kasus yang disangkakan kepada Amal Mashur selaku dirut PT Cappa 27 pemenang tender pengadaan buku DAK 2012 ini, lanjut Kapolres Nunukan, karena ditemukan tidak merealisasikan seluruh jenis buku dan alat peraga sesuai yang ditentukan dalam kontrak kerja nomor 452/409/PPK/SPPP-Pengadaan Buku Pengayaan, Referensi dan Panduan Pendidikan untuk SD/SDLB Disdik V/11/2012, tanggal 5 November 2012.

Akibat dari tindakan tersangka, maka merugikan negara dengan penyalahgunaan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Samarinda.

 

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes JAKARTA – PT ...