Home / News / Kesehatan / Sering Khawatir Berlebihan Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Sering Khawatir Berlebihan Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Sering Khawatir Berlebihan Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Tired and stressed Asian businessman

Tidak ada yang ingin hidup dalam kekhawatiran. Tapi, terkadang jalannya kehidupan itu sendiri yang memaksa kita untuk selalu cemas dan takut.

Ada banyak faktor yang membuat kita sulit mengusir rasa kecemasan. Celakanya, sebagian orang memiliki kebiasaan mengkhawatirkan hal-hal kecil. Pada dasarnya rasa cemas itu bisa berasal dari sulitnya fokus pada apa yang terjadi saat ini. Kita membiarkan pikiran kita selalu “terbang” ke masa depan atau masa lalu. Mengkhawatirkan hal yang belum tentu terjadi atau menyesali hal yang sudah lewat.

Kekhawatiran tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga fisik. Berada dalam situasi yang membuat cemas tentu berpengaruh pada pikiran, hormon, dan juga mungkin metabolisme.

1. Menghancurkan sistem saraf

Apapun aktivitas yang terjadi di luar tubuh juga berdampak pada otak melalui sistem saraf. Sistem saraf manusia ini terdiri dari tulang belakang, syaraf dan neuron. Perasaan khawatir berdampak pada kadar gula darah. Inilah yang berefek negatif pada sistem saraf.

2. Nyeri otot

Rasa khawatir juga berakibat pada peningkatan hormon stres kortisol yang menyebabkan ketegangan pada otot. Inilah yang nantinya akan menjadi penyebab dari sakit punggung, sakit kepala dan lainnya.

3. Buruk bagi kesehatan jantung

Kekhawatiran juga berdampak pada kesehatan jantung. Perasaan khawatir ini dalam jangka panjang mampu meningkatkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah.

4. Munculnya komplikasi penyakit

Dampak pertama dari kekhawatiran adalah gangguan tidur. Saat rasa khawatir menerjang, tentu kita akan sulit memejamkan mata. Dampak lanjutannya adalah ketidakseimbangan hormon dan kenaikan kadar gula darah. Inilah menyebabkan banyak komplikasi seperti diabetes, risiko stroke, masalah ginjal dan sebagainya.

5. Masalah pencernaan

Perasaan khawatir akan berdampak pada sistem saraf, yang pada gilirannya berdampak pada saluran pencernaan. Ini juga memiliki pengaruh pada sirkulasi darah di dalam tubuh. Seringkali gangguan saluran cerna bersumber dari pikiran.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Ini Tampang VW Scirocco Terbaru yang Siap Diperkenalkan April 2018

Ini Tampang VW Scirocco Terbaru yang Siap Diperkenalkan April 2018 Setelah melakukan penyegaran pada mobil ...