Home / News / Ekonomi / Rupiah Berakhir Tak Bertenaga Saat USD Tergelincir

Rupiah Berakhir Tak Bertenaga Saat USD Tergelincir

Rupiah Berakhir Tak Bertenaga Saat USD Tergelincir

Rupiah Berakhir Tak Bertenaga Saat USD Tergelincir

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan sore, Selasa (27/2/2018) tergelincir setelah sempat menguat pada sesi pagi. Pergerakan mata uang Garuda yang berbalik melemah justru terjadi saat USD masih kesulitan untuk bangkit hingga meneruskan tren negatif.

Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah di sesi perdagangan sore berada pada posisi Rp13.675/USD atau masih tertahan di zona merah dibanding penutupan sebelumnya Rp13.655/USD. Rupiah sepanjang hari ini bergerak pada level Rp13.643-Rp13.680/USD.

Menurut data Bloomberg di akhir perdagangan, rupiah bertengger ke level Rp13.679/USD atau tidak lebih baik dari penutupan awal pekan kemarin Rp13.660/USD. Pergerakan harian rupiah berada di kisaran Rp13.647-Rp13.688/USD.

Sementara, data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah sore ini berada pada level Rp13.675/USD. Posisi tersebut memperlihatkan rupiah masih tak berdaya dibanding penutupan sebelumnya di level Rp13.665/USD.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah berada pada level Rp13.650/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah menguat tipis dibandingkan posisi perdagangan sebelumnya yang berada di level Rp13.659/USD.

Seperti dilansir Reuters, dolar mengalami pelemahan terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya, setelah penunjukkan Gubernur baru The Fed yakni Jerome Powell. Para pelaku pasar mengamati dengan cermat apa yang bakal dikatakan Gubernur baru Bank Sentral AS tersebut, apakah bakal mengambil pendekatan yang lebih hawkish.

Tercatat USD merosot ke tingkat terendah sejak akhir tahun 2014 terhadap enam mata uang utama sebelumnya pada bulan Februari, tetapi sejak saat itu telah pulih hampir mencapai sebesar 2%. Pada perdagangan tengah pekan hari ini, indeks terlihat turun tipis 0,1% pada level 89.776.

Dolar juga kehilangan tenaga, saat euro meningkat menjadi 1.2332 ketika menghadapi mata uang Negeri Paman Sam. Investor kemungkinan bakal melakukan gerakan yang mengejutkan di tengah kondisi politik Eropa saat Italia bakal menggelar pemilihan umum.

Melawan Yen Jepang, dolar justru meningkat 0,1% menjadi 107.05. Di sisi lain poundsterling diperdagangan pada hari ini lebih tinggi menjadi 1.3978 terhadap USD. Sedangkan saat melawan euro, pounds sedikit mendatar di level 88.24.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Duduk di Motor, Bocah 10 Tahun Terluka Ditabrak Hummer

Duduk di Motor, Bocah 10 Tahun Terluka Ditabrak Hummer JAKARTA – Seseorang bocah lelaki bernama ...