Home / News / Politik / Bakal Cawapres Jokowi Disarankan Harus dari Parpol Koalisi

Bakal Cawapres Jokowi Disarankan Harus dari Parpol Koalisi

Bakal Cawapres Jokowi Disarankan Harus dari Parpol Koalisi

JAKARTA – Presiden Jokowi secara resmi sudah diusung PDI Perjuangan dan sejumlah partai politik (parpol) untuk menjadi bakal calon presiden. Namun, kurang dari tiga bulan pendaftaran, parpol koalisi belum menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres).

Sebelumnya Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberikan bocoran mengenai bakal pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Cak Imin mengatakan, calon pendamping Jokowi berasal dari internal parpol koalisi Jokowi.

Menanggapi hal ini, Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, seharusnya memang slot cawapres Jokowi dari partai koalisi. Menurutnya, hal ini bagus untuk menjaga soliditas internal agar tak ada yang terlukai.

“Justeru Jika cawapres dari luar (parpol koalisi) tentu akan menimbulkan kegaduhan dan konflik,” kata Adi

Menurut Adi, tinggal dibuat kriteria cawapresnya seperti apa yang disepakati partai koalisi. Ia menganggap, kriteria utamanya adalah elektabilitas yang paling tinggi, penerimaan di internal parpol koalisi, ‘solidarity maker’ yang bisa diterima semua kalangan baik di kalangan nasionalis maupun Islam, loyalitas tanpa batas ke Jokowi, serta mampu menjaga kesimbangan.

Menurutnya, bakal Cawapres untuk menentukan calon pendamping ideal Jokowi agar tak semua orang di internal koalisi merasa paling pantas untuk posisi RI 2. “Kriteria semacam ini perlu dibentuk biar yg niat jadi cawapres Jokowi ngukur diri,” ujar Pengamat Politik asal UIN Jakarta ini.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

PDIP dan Parpol Pengusung Jokowi-Ma’ruf Konsen Garap Daerah Strategis

PDIP dan Parpol Pengusung Jokowi-Ma’ruf Konsen Garap Daerah Strategis CIREBON – Sekjen DPP PDI Perjuangan, ...