Home / News / Ekonomi / Peran Industri di Luar Jawa Ditargetkan Naik Jadi 40%

Peran Industri di Luar Jawa Ditargetkan Naik Jadi 40%

Peran Industri di Luar Jawa Ditargetkan Naik Jadi 40%

Peran Industri di Luar Jawa Ditargetkan Naik Jadi 40%

JagoBola.com – Kementerian Perindustrian menjanjikan upaya percepatan dan pemerataan penyebaran industri ke seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut ditargetkan dapat tercapai 40 persennya pada tahun 2035.

Dia menjelaskan, pembangunan industri nasional hingga saat ini telah mencapai kemajuan yang cukup signifikan, di mana pertumbuhan industri pengolahan non-migas secara kumulatif hingga triwulan III tahun 2014 mencapai 5,30 persen atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi (PDB) pada periode yang sama sebesar 5,11 persen.

“Diharapkan ke depan, kontribusi wilayah di luar Pulau Jawa terhadap nilai tambah sektor industri dapat terus ditingkatkan dari 27,22 persen pada tahun 2013 menjadi sekitar 40 persen tahun 2035,” ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam keterangan tertulis, Rabu (11/2/2015).

Sektor industri pengolahan non migas juga masih memberikan kontribusi terbesar pada struktur PDB nasional yang mencapai 20,65 persen.

“Secara perlahan sektor industri pengolahan nonmigas mulai bergeser ke luar Pulau Jawa, yaitu dari 24,63 persen pada tahun 2008 menjadi 27,22 persen tahun 2013. Di samping itu, pertumbuhan sektor industri non migas di luar Jawa memberikan kontribusi sebesar 6,56 persen atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan di pulau Jawa yang sebesar 5,99 persen,” katanya.

Salah menyebut untuk melakukan pemerataan dan penyebaran industri tersebut, dukungan dan peranan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam pengembangan industri di daerah sangat penting.

Hal itu sesuai dengan yang diamanatkan pada Pasal 10 dan 11 UU No. 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian bahwa setiap Gubernur dan Bupati/Walikota menyusun Rencana Pembangunan Industri Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengacu kepada Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional dan Kebijakan Industri Nasional.

“Kami terus melakukan fasilitasi berupa bimbingan teknis kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penyusunan Rencana Pembangunan Industri Provinsi dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota,” tukasnya.

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

3.679 Napi di Banten Dapat Remisi Kemerdekaan, 102 Napi Bebas

3.679 Napi di Banten Dapat Remisi Kemerdekaan, 102 Napi Bebas TANGERANG – Sekitar 3.679 narapidana ...