Home / News / Kesehatan / Pengaruh Gadged pada Kesehatan Mata Anak

Pengaruh Gadged pada Kesehatan Mata Anak

Pengaruh Gadged pada Kesehatan Mata Anak

KESEHATAN –  SAAT ini tidak dapat dimungkiri, gawai (gadget ) mempunyai dampak besar pada perubahan anak. Orangtua semestinya mengaplikasikan ketentuan ketat tentang penggunaan gawai pada anak.

Bila digunakan tidak terlalu berlebih, gawai mempunyai karakter positif buat pemakainya, banyak info yang dapat dicari lewat gawai. Sedang, bila anak kelamaan bermain gawai, ia akan ketergantungan serta sering alami masalah pandangan.

Dokter Spesialis Mata RS Mata Aini dr Sempurna Retnosuri SpM menjelaskan jika gawai sebetulnya adalah satu perangkat yang mempunyai arah, salah satunya hp, laptop, computer, serta tv.

“Gadget ikut miliki faedah, yakni lebih gampang pecahkan satu permasalahan, membuat anak berfikir gawat, mengasah imajinasi, tingkatkan daya kreatifitas, memperluas wacana, dapat tahu apakah yang anak ingin, tetapi mesti didampingi, lihat apakah yang ingin mereka ingin,” tutur dr Sempurna.

Ia menjelaskan, gawai dapat juga menjadi alat pengalih perhatian serta menyenangkan buat anak belajar sekalian bermain. “Namun, ada bahaya gadget pada umumnya, seperti speech delay atau keterlambatan bicara. Pemakaian gadget pada anak 0-6 tahun tingkatkan resiko speech delay dan dapat mengakibatkan kerusakan konsentrasi belajar serta mengakibatkan obesitas,” papar dr Sempurna.

Ada pula bahaya yang lain. Perumpamaannya, bila dipakai dengan terus-terusan, ditambah lagi sebelum tidur, anak akan kecapekan serta membuat mereka susah tidur, ikut susah bersosialisasi, memberi dampak kecapekan pada mata, mata akan jadi kering, kelainan refraksi seperti mata minus.

“Tanda-tanda masalah pandangan pada anak umumnya seperti mata berair serta pedih dan pandangan buram. Sinyal buat anak yang umurnya lebih kecil, ia senang berkedip atau kucek mata, sakit kepala, pegal di daerah tengkuk serta leher,” tutur dr Sempurna.

Ia menjelaskan, ada banyak jalan keluar untuk kurangi bahaya gawai pada mata anak. Pertama, batasi pemakaian, ikuti ketentuan 20 : 20 : 20, yakni pada paparan gawai 20 menit, istirahatkan mata 20 detik untuk lihat sejauh 20 feet atau 6 mtr., itu akan menghilangkan capek pada mata, lantas cukupkan berkedip.

Dr Sempurna ikut menuturkan jika pada anak umur 0-2 tahun semestinya benar-benar tidak dikasih gawai, anak umur 3-5 tahun optimal 1 jam satu hari, umur 6-12 tahun optimal 2 jam, umur 13-18 tahun optimal 3 jam satu hari, mengatur ikut jarak pada gawai serta mata.

“Sebaiknya tempatkan gadget lebih rendah dari ketinggian mata, pencahayaan ruang ikut punya pengaruh, janganlah main gadget dalam tempat gelap serta mengatur level pencahayaan monitor, mengatur seminimal mungkin karenanya memberi dampak besar,” tutur dr Sempurna. Ia merekomendasikan supaya anak seringkali bermain di luar ruang sebab cahaya matahari pagi bagus untuk mata.

“Harusnya anak mulai umur 3 tahun mulai cek kesehatan terus-terusan saat satu tahun sekali. Bila ada kelainan harus juga lebih intens,” kata dr Sempurna.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Nissan Altima Panaskan Pasar Sedan Usai Kehadiran Toyota Camry

Nissan Altima Panaskan Pasar Sedan Usai Kehadiran Toyota Camry TOKYO – Nissan pada akhirnya sah ...