Home / News / Kesehatan / Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Melakukan Banyak Gerak

Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Melakukan Banyak Gerak

Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Melakukan Banyak Gerak

KODRAT – manusia yang perlu banyak berjalan jadi kunci melakukan gaya hidup sehat. Menurut Chrisny Carol, pegiat weight loss, dengan rajin berjalan serta melakukan aktivitas fisik, badan jadi fit, berat tubuh baik, terlihat awet muda, dan turunkan resiko terkena penyakit beresiko.

Chrisny menjelaskan, sebenarnya tidak susah mengambil pola hidup sehat. Seperti yang tetap dilemparkan orangtua kita semenjak kecil, hidup sehat yaitu dengan makan teratur, tidur cukuplah, tidak bergadang, serta tetap aktif berjalan. Ingat tetap jika menjadi manusia, berjalan jadi satu keharusan supaya badan masih bugar serta tidak gampang sakit.

“Sesimpel itu jika ingin sehat, mesti banyak berjalan. Nenek moyang kita saja mencari makan dengan berburu ke rimba, tidak seperti saat ini yang dapat gampang pesan makan melalui aplikasi online,” papar personal trainer kelahiran 19 April 1986 itu. Berkaitan skema makan, menurut Chrisny, harus penuhi dasar gizi seimbang.

Pada sebuah piring makan, semestinya terdiri atas beberapa grup makanan berlainan yang mempunyai beragan kandungan type nutrisi, termasuk juga protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, serta vitamin. Biasanya, skema makan gizi seimbang ini dilukiskan menjadi piramida makanan.

Sesaat pilihan menunya bergantung dari keperluan serta kegiatan yang dikerjakan dalam sehari-harinya. Buat seseorang atlet seperti pelari atau Anda yang tengah membuat otot, pasti konsumsi karbohidrat harus diperbesar. Berlainan dengan karyawan kantor yang aktivitasnya tidak sangat berat, pilihan makanan mesti seimbang.

Chrisny menjelaskan, untuk turunkan berat tubuh, sebetulnya tidak susah. Mengenai yang terpenting dilihat ialah penyusunan kalori harian hingga tidak berlebihan. Mengenai keperluan kalori setiap orang berlainan berdasar pada type kelamin, umur, tinggi, serta berat tubuh, formasi badan, kegiatan, sampai kondisi fisik semasing.

Biasanya, di Indonesia telah ditata angka kecukupan gizi rata-rata buat lelaki berumur 19-29 tahun dengan berat tubuh 60 kg serta tinggi 168 cm memerlukan daya 2.725 kkal /hari. Wanita berumur 19-29 tahun dengan berat tubuh 54 kg serta tinggi 159 cm memerlukan daya 2.250 kkal /hari.

“Intinya ialah penyusunan konsumsi kalori. Yang sehat yakni penurunan 500 kkal dari kalori harian, sebab perlu 7.000 kkal kalori untuk meningkatkan 1 kg berat tubuh. Itu baru dari makanan, belumlah dari berolahraga yang dapat turunkan 800 kkal sampai 1.000 kkal, bergantung intensitas latihannya seperti apakah. Yang terpenting ialah melakukan perbaikan kualitas hidup,” kata pria berdarah Manado, Sulawesi Utara, itu.

Bukan sekedar pilihan konsumsi makanan, ia mengatakan, dalam menjalankan diet, terpenting untuk mempunyai pola hidup aktif serta olahraga dengan teratur supaya kalori bisa dibakar serta bukan sekedar ditimbun.

Waktu badan tidak aktif serta mengkonsumsi kalori melewati jumlahnya yang diperlukan badan, jadi kalori akan disimpan menjadi lemak. Perihal ini pula yang lalu bisa membuat berat tubuh makin bertambah.

Tidak hanya hindari menambahkan berat tubuh, berolahraga serta kegiatan fisik dapat juga mengawasi kesehatan, sekaligus juga mendesak resiko penyakit beresiko seperti jantung, diabetes, serta stroke.

“Banyak yang katakan tidak miliki waktu untuk olahraga. Walau sebenarnya, siapkan waktu cuma 15 sampai 30 menit untuk berlatih yang sederhana, contohnya lari. Masak tidak juga sempat,” tambah Chrisny.

Berkaitan gaya hidup sehat, Chrisny mengawalinya semenjak 1,5 tahun kemarin waktu terasa tubuhnya masih tetap sangat gemuk. Ditambah lagi waktu itu ia tengah menyiapkan prosesi pernikahan bersama dengan pasangan. Chrisny tidak ingin di hari bahagia itu, tubuhnya tidak menarik dilihat.

Suami Christian Lingga ini mengakui, skema makannya saat itu memang terlalu berlebih dan tidak teratur, terpenting waktu ia kerja kantoran serta seringkali mengawali hari dengan makan mi instant plus nasi serta telur dadar. Akhirnya, berat badannya membengkak sampai 130 kg.

“Ketika ingin menikah, baru sadar saya sangat gemuk serta tidak dapat gunakan jas bagus atau bagus difoto. Saya pada akhirnya memutus-kan mulai berolahraga di gym serta diet ketat dengan konsumsi makanan sehat serta mengendalikan kalori, walau awalannya berlebihan sekali sampai turun 25 kg dalam tempo dua bulan. Tetapi, terakhir telah dikendalikan, turunnya 2 sampai 3 kg per bulan,” katanya.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes JAKARTA – PT ...