Home / News / Kesehatan / Kurang Vitamin D Bikin Anak Rentan Kena Stroke Saat Dewasa

Kurang Vitamin D Bikin Anak Rentan Kena Stroke Saat Dewasa

Kurang Vitamin D Bikin Anak Rentan Kena Stroke Saat Dewasa

Kurang Vitamin D Bikin Anak Rentan Kena Stroke Saat Dewasa

JagoBola.com – Menjaga kesehatan mulai dari masa kanak-kanak sangat penting, terutama perihal pemenuhan nutrisi dan vitamin. Kekurangan vitamin di masa kecil bisa berimbas buruk pada saat anak beranjak dewasa. Hal ini ditemukan peneliti terkait dengan kekurangan vitamin D saat masa kanak-kanak.

Penelitian yang diterbitkan dalam Endocrine Society’s Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism mengungkap bahwa anak-anak yang kekurangan vitamin D saat masih kecil berkemungkinan lebih besar mengalami berbagai masalah jantung dan pembuluh darah di 25 tahun kemudian saat sudah dewasa. Hal ini karena vitamin D berperan penting terhadap kesehatan kardiovaskular, seperti dilansir oleh Science Daily (10/02).

Kekurangan vitamin D pada masa kanak-kanak diketahui bisa memicu masalah kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, dan lainnya. Saat ini diketahui bahwa banyak anak kekurangan vitamin D di seluruh belahan dunia. Peneliti kemudian mengamati pentingnya vitamin D pada masa kanak-kanak dengan kemungkinan terjadinya atherosclerosis, yang memicu berbagai macam masalah kardiovaskular pada orang dewasa.

“Penelitian kami menemukan adanya kaitan antara rendahnya tingkat vitamin D pada masa kanak-kanak dengan peningkatan atherosclerosis saat dewasa. Hasil ini tetap sama meski peneliti telah memperhitungkan beberapa faktor penyebab masalah kardiovaskular lainnya seperti tekanan darah, diet, kebiasaan merokok, aktivitas fisik, obesitas, tingkat sosial ekonomi, dan lainnya,” ungkap Markus Juonala, MD, PhD, dari University of Turku Finland.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah menganalisis 2.148 partisipan berusia tiga sampai 18 tahun. Selanjutnya partisipan dianalisis lagi keadaanya setelah berusia 30 hingga 45 tahun. Diketahui bahwa partisipan yang memiliki tingkat vitamin D rendah saat kecil berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kardiovaskular saat dewasa.

Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui kaitan yang lebih jelas. Namun untuk saat ini sebaiknya jangan abaikan kebutuhan vitamin anak Anda, terutama vitamin D yang penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Nissan Altima Panaskan Pasar Sedan Usai Kehadiran Toyota Camry

Nissan Altima Panaskan Pasar Sedan Usai Kehadiran Toyota Camry TOKYO – Nissan pada akhirnya sah ...