Home / News / Ekonomi / Kisah Pengusaha Diler Asal Sidoarjo yang Nunggak Pajak Rp2,8 M

Kisah Pengusaha Diler Asal Sidoarjo yang Nunggak Pajak Rp2,8 M

Kisah Pengusaha Diler Asal Sidoarjo yang Nunggak Pajak Rp2,8 M

Kisah Pengusaha Diler Asal Sidoarjo yang Nunggak Pajak Rp2,8 M

JagoBola.com – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II menyatakan pengusaha subdiler sepeda motor di Gresik dan Sidoarjo berinisial DN alias A kini menjadi tersangka kasus tindak pidana bidang perpajakan, karena merugikan negara Rp2,8 miliar.

“Saat ini wajib pajak tersebut kami serahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur,” kata Kepala Kanwil DJP Jatim II, Nader Sitorus, di Sidoarjo, Kamis (30/4/2015).

Akibat tindakan tersebut, DN terancam hukuman pidana paling lama enam tahun. Selain itu, denda paling banyak empat kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

“Tindak pidana DN yang memiliki subdiler motor dengan nama PT KMPRI dan PT KMPRA berawal, karena wajib pajak itu sengaja tidak menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) masa PPN dan SPT tahunan PPh badan tahun pajak 2007 dan 2008,” katanya.

Bahkan, DN tidak memperlihatkan atau meminjamkan buku, catatan, atau dokumen saat dilakukan pemeriksaan pajak. Tersangka diduga telah melanggar Pasal 39 Ayat (1) huruf g juncto Pasal 39 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 16 Tahun 2000.

“Berkas dan tersangka DN sudah dilimpahkan ke Kejati Jatim untuk dilakukan penuntutan lebih lanjut dan segera disidangkan,” katanya.

Oleh karena itu, tambah dia, Kanwil DJP Jatim II berkoordinasi dengan Kejati Jatim, Polda Jatim, dan Kejaksaan Negeri Sidoarjo akan mengawal proses persidangan tindak pidana di bidang perpajakan. Pihaknya juga terus melaksanakan penegakan hukum di bidang perpajakan dengan tegas.

“Kami tidak memberi toleransi terhadap pelaku tindak pidana perpajakan,” katanya.

Kini, lanjut dia, dengan bantuan Korwas PPNS Polri, Penyidik Pajak Kanwil DJP Jatim II melakukan penyidikan terhadap Wajib Pajak lain yang diduga telah merugikan negara akibat tindak pidana perpajakan.

“Dengan pengungkapan kasus itu diharapkan dapat memberikan efek jera bagi wajib pajak yang lain untuk tidak melakukan perbuatan yang sama,” katanya.

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes JAKARTA – PT ...