Home / News / Ini Daerah di Indonesia yang Paling Rajin Internetan

Ini Daerah di Indonesia yang Paling Rajin Internetan

Ini Daerah di Indonesia yang Paling Rajin Internetan

Ilustrasi.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) merilis laporan mengenai perilaku penggunaan Internet Indonesia tahun 2017. Berdasarkan hasil survei, pengguna internet di Indonesia menembus angka 143,27 juta dari total populasi penduduk.

Berdasarkan laporan tersebut, APJII merangkum wilayah dengan tingkat penggunaan internet tertinggi. Penggunaan internet terbanyak masih didominasi oleh wilayah Jawa.

Jumlah pengguna internet di Jawa mencapai 58,08 persen dari total pengguna di Indonesia. Meski begitu, penetrasi penyebaran internet masih setengahnya, yakni 57,7 persen dari total penduduk di Jawa.

Posisi kedua ditempati oleh wilayah Sumatra dengan jumlah pemakai internet mencapai 19,05 persen. Penetrasi internetnya juga tercatat lebih rendah dibanding Jawa, yakni sekitar 47,2 persen.

Posisi ke-tiga ditempati oleh Kalimantan dengan jumlah pengguna 7,97 persen. Namun penetrasi penyebaran internetnya cukup tinggi dibandingkan Jawa. Kalimantan mencatat penetrasi sebaran penggunaan internet terbesar dengan angka 72,19 persen.

Posisi ke-empat disusul Sulawesi dengan jumlah pengguna 6,73 persen. Penetrasinya penyebaran internetnya juga lebih rendah dibanding wilayah Sumatera. Di Sulawesi, penetrasi hanya tercatat sekitar 46,7 persen.

Posisi ke-lima bertengger wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Persentase penggunaan internetnya baru 5,63 persen dari jumlah total populasi. Namun penetrasinya mencatatkan angka yang lebih tinggi dibanding Jawa dan Sumatera. Penetrasi penggunaan internet Bali mencapai 54,23 persen.

Posisi terakhir adalah wilayah Maluku dan Papua. penggunaan internet di wilayah ini hanya 2,49 persen. Penetrasinya juga masih rendah yakni 41,98 persen.

Jadi jika disimpulkan, jumlah pengguna internet terbesar tetap dipegang Jawa tetapi untuk persentase jumlah penduduk yang sudah berinternet dipegang Kalimantan dengan capaian 72,19 persen.

Berdasarkan laporan yang dikutip KompasTekno dari data APJII, Kamis (22/2/2018), penggunaan layanan internet juga masih didominasi oleh laki-laki.

Dari 143,26 juta pengguna, sebanyak 51,43 persen berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan pengguna perempuan terpaut sedikit dengan angka 48,47 persen.

Dalam survei ini, APJII menggunakan 2.500 responden dengan margin of error +- 1,96 persen dan level of confidence 95 persen. Pengumpulan data ini melalui wawancara dengan bantuan kuisioner. Responden berasal dari enam wilayah Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua.

APJII menggunakan metodologi multi stage cluster sampling, yakni urban, rural-urban, dan rural. Survei dengan metodologi ini diklaim bisa mengetahui persoalan yang dihadapi terkait penetrasi internet di Indonesia.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Sandiaga Uno Belum Pasti Hadiri Reuni Akbar 212

Sandiaga Uno Belum Pasti Hadiri Reuni Akbar 212 TEMANGGUNG – Calon Wakil Presiden nomer urut ...