Home / News / Indeks Kerawanan Jadi ‘Early Warning’ Bawaslu dalam Mengawasi Pemilu

Indeks Kerawanan Jadi ‘Early Warning’ Bawaslu dalam Mengawasi Pemilu

Indeks Kerawanan Jadi ‘Early Warning’ Bawaslu dalam Mengawasi Pemilu

JAKARTA – Ketua Tubuh Pengawas Penentuan Umum (Bawaslu), Abhan menuturkan lembaganya sudah buka tuntunan tehnis (bimtek) untuk menghadapi pelanggaran serta kerawanan dalam Pemilu 2019.

Menurut Abhan, Bawaslu mempunyai pendekatan berlainan dengan institusi lainnya dalam menanggulangi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Berlainan dengan kepolisian yang lakukan pendekatan dari segi keamanan, sedang lembaganya lihat dari segi kontestasi, keterlibatan serta sosial politik.

“Tetapi saya duga (semua lembaga-red) sama-sama mendukung,” kata Abhan selesai hadir Rakornas Persiapan Pemilu serentak yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, di Hotel El Royan, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Tentang beberapa propinsi yang mempunyai IKP tinggi, Abhan menyatakan itu bisa menjadi basic lembaganya tingkatkan pengawasan. Bahkan juga keadaan itu dia anggap jadi peringatan awal atau early warning dalam taktik pengawasan pemilu.

Menurutnya, salah satunya taktik pengawasan dengan menerbitkan surat edaran Bawaslu tentang larangan kampanye yang perlu dipatuhi semua peserta pemilu. Bawaslu ingin kampanye diprioritaskan pada beradu program serta ide.

“Ini menjadi usaha mencegah atau preventif, ingatkan kembali untuk berkampanye yang baik yang ada unsur pendidikan politik,” katanya.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes

RS Siloam Raih 50 Best of The Best Companies Award 2018 Forbes JAKARTA – PT ...