Home / News / Gawat!! Vietnam dan Thailand Jadi Pemasok Sabu Baru ke Indonesia

Gawat!! Vietnam dan Thailand Jadi Pemasok Sabu Baru ke Indonesia

Gawat!! Vietnam dan Thailand Jadi Pemasok Sabu Baru ke Indonesia

TANGERANG – Seorang warga negara Vietnam berinisial B diamankan petugas Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, karena menyelundupkan sabu.

Kepala Bea Cukai Bandara Soetta Erwin Situmorang mengatakan, pelaku B menyelundupkan sabu di dalam pempers atau popok yang dimodifikasi pelaku.

“Ini sudah terjadi sebanyak dua kali dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Mereka membawa paket sabu dengan cara disembunyikan dalam diapers,” kata Erwin di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis 5 Juli 2018.

Dalam diapers itu, petugas menemukan paket sabu seberat 1 Kg. Modus ini, papar Erwin, bukan sesuatu yang baru. Namun, peran Vietnam dan Thailand sebagai pemasok sabu ke Indonesia lah yang baru.

“Vietnam dan Thailand dideteksi sebagai negara baru pemasok narkoba jenis sabu. Modusnya dengan memakai kurir pria memakai diapers atau popok yang sudah modifikasi menyimpan sabu,” ungkapnya.

Pada trend tahun 2017, negara besar yang menjadi pemasok sabu ke Indonesia adalah Malaysia, Cina, Taiwan, Ghana dan Afrika. Tapi di 2018, Vietnam dan Thailand.

“Biasanya, kurir narkoba yang datang dari negara Ghana, Cina, Malaysia. Sekarang, negara-negara itu mulai mengerem. Sebagai gantinya, orang-orang Vietnam dan Thailand yang datang,” sambungnya.

Penyelundup dari Ghana dan Afrika, biasanya menyelundupkan sabu dengan cara menelan paket narkotika, dan paling berani seberat 2 kilogram perpaketnya.

“Makanya, dari cara membawa barang haramnya juga berbeda. Kalau pria dari Vietnam dan Thailand, membawa dengan cara disembunyikan dalam diapers. Kalau wanita dalam pembalut,” paparnya.

Dijelaskan dia, total pengungkapan sabu periode April hingga Juni, ada 9 kilogram. Selain Vietnam dan Thailand, juga ada dari Malaysia, Cina, Perancis, dan Jerman.

“Pengungkapan ini merupakan bantuan pengembangan dari Polres Bandara Soetta, Mabes Polri, dan Bea Cukai Pasar Baru. Dari hasil pengembangan ini, kami berhasil menyita 1 Kg sabu,” tukasnya.

 Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Acuhkan Teriakan Warga, Asep Tewas Tertabrak Kereta Api di Tebet

Acuhkan Teriakan Warga, Asep Tewas Tertabrak Kereta Api di Tebet JAKARTA – Masyarakat Bukit Duri ...