Home / News / Ekonomi / Yang Dipertuan Agong Malaysia Potong Gaji 10% untuk Bantu Melunasi Utang Negara

Yang Dipertuan Agong Malaysia Potong Gaji 10% untuk Bantu Melunasi Utang Negara

Yang Dipertuan Agong Malaysia Potong Gaji 10% untuk Bantu Melunasi Utang Negara

KUALA LUMPUR – Pemerintahan baru (tapi muka lama) di Malaysia pimpinan Mahathir Mohamad langsung melakukan pembenahan. Salah satunya masalah bengkaknya utang negara yang dilakukan pemerintahan sebelumnya, mantan Perdana Menteri Najib Razak. Pemerintahan baru menyatakan utang negara mencapai satu triliun ringgit atau sekitar USD251 miliar, merupakan 80% dari PDB negara.

Untuk melunasi utang, PM Mahathir pada Mei kemarin, mengumumkan menteri di kabinetnya setuju untuk memotong gaji 10%. Kebijakan ini lantas mendapat dukungan dari rakyat dengan mengadakan donasi, menyisihkan uang mereka untuk turut membantu melunasi utang negara.

Aksi donasi dari rakyat membuat sang raja tersentuh. Yang Dipertuan Agong ke-XV Malaysia, Sultan Muhammad V ikut menawarkan memotong 10% gajinya demi membantu melunasi utang. Mengutip Business Insider, Rabu (13/6/2018), Yang Dipertuan Agong akan memotong gajinya 10% setiap bulan sampai akhir masa pemerintahannya di tahun 2021.

“Yang Dipertuan Agong sangat tersentuh oleh donasi yang dilakukan rakyat dan ingin bergabung dengan mereka dalam melakukan tugasnya,” ujar Pengawas Keuangan Keluarga Kerajaan Datuk Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz.

Yang Dipertuan Agong sendiri menerima gaji sebesar 1,05 juta ringgit atau sekitar USD260 ribu, termasuk tunjangan pribadi sebesar 608.400 ringgit.

Rakyat Malaysia secara mandiri memulai kampanye donasi untuk membantu melunasi utang. Sebagai tanggapan, Kementerian Keuangan Malaysia membentuk Malaysia Hope Fund dengan menyediakan “platform yang sistematis dan transparan” untuk disumbangkan langsung ke rekening bank pemerintah.

Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng berjanji untuk mengumumkan penghitungan donasi dari masyarakat kepada public setiap hari. Per 12 Juni 2018, kurang dari dua pekan setelah peluncuran, Dana Harapan Malaysia telah menerima 61 juta ringgit alias USD15,3 juta.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Rupiah Berdiri Kokoh di Akhir Sesi, USD Menuju Kejatuhan Terbesar

Rupiah Berdiri Kokoh di Akhir Sesi, USD Menuju Kejatuhan Terbesar JAKARTA – Nilai ganti rupiah pada ...