Home / News / Ekonomi / Usulan Pengalihan Subsidi ke BBM Oktan Tinggi Dikaji

Usulan Pengalihan Subsidi ke BBM Oktan Tinggi Dikaji

Usulan Pengalihan Subsidi ke BBM Oktan Tinggi Dikaji

 

JAKARTA – Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) juga akan membahas saran Komisi VII DPR tentang pengalihan pemberian subsidi ke type bahan bakar minyak (BBM) beroktan tinggi yang mempunyai kwalitas tambah baik, seperti pertalite atau pertamax.

Pertalite serta pertamax yaitu BBM nonsubsidi produksi pertamina dengan Research Octan Number (RON) semasing 90 serta 92 yang lebih berkualitasdibanding BBM type premium dengan RON 88.

” Itu positif, kita saksikan dahulu. Kita pelajari saran dari DPR itu. Kita mengerti dahulu sarannya kita ulas selalu mekanismenya seperti apa kelak kita saksikan, ” ungkap Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar seperti diambil dari situs resmi Kementerian ESDM, Sabtu (9/6/2018).

Pengalihan subsidi dinilai positif untuk perusahaan karena juga akan tingkatkan efisiensi cost dalam soal penyimpanan, tangki BBM, dsb. Selain itu, pemakaian type BBM beroktan tinggi akan melakukan perbaikan kwalitas udara.

Meski pada prinsipnya memberi lampu hijau, Arcandra menyebutkan kalau pemerintah tetaplah mengevaluasi terlebih dulu tekait efek kebijakan itu. Pemerintah tidak menginginkan gegabah dalam memutuskan, terlebih memperhitungkan bagian korporasi PT Pertamina (sebagai) pelaksana mandat pemerintah.

Terlebih dulu, mengajukan ide itu juga disikapi positif oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan waktu rapat kerja dengan Komisi VII DPR. Jonan menilainya jika saran itu direalisasikan juga akan beresiko positif pada lingkungan.

Seperti di ketahui, sekarang ini pemerintah cuma memberi subsidi untuk BBM type solar, yaitu Rp2. 000/liter. Kebijakan ini di ambil sesudah memperhitungkan meroketnya harga minyak dunia dan dalam rencana melindungi keadaan daya beli orang-orang.

Dibagian beda, pemerintah memberi penugasan pada tubuh usaha untuk menyalurkan serta mendistribusikan type BBM spesial penugasan (JBKP) lewat program BBM Satu Harga ke semua Indonesia. Pemerintah juga keluarkan kebijakan terbaru dengan mengambil keputusan 2. 090 instansi penyalur premium di Jawa, Madura serta Bali.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Rupiah Berdiri Kokoh di Akhir Sesi, USD Menuju Kejatuhan Terbesar

Rupiah Berdiri Kokoh di Akhir Sesi, USD Menuju Kejatuhan Terbesar JAKARTA – Nilai ganti rupiah pada ...