Home / News / Kesehatan / Edukasi Gaya Hidup Sehat Lewat Peluncuran ASEAN CFD

Edukasi Gaya Hidup Sehat Lewat Peluncuran ASEAN CFD

Edukasi Gaya Hidup Sehat Lewat Peluncuran ASEAN CFD

JAKARTA – Untuk memperkuat kerjasama multi bidang serta mengedukasi pola hidup sehat serta kurangi tingkat polusi hawa dengan kurangi pemakaian kendaraan bermotor, Komune ASEAN meluncurkan ASEAN Car Free Day (ASEAN CFD).

Peluncuran program itu diselenggarakan berbarengan dengan pemecahan rekor dunia untuk Tari Poco-Poco paling besar di Lokasi Thamrin, Jakarta, Minggu, (5/8/2018). ASEAN CFD adalah prakarsa advokasi di tingkat regional oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dengan support dari Kementerian negara anggota ASEAN yang lain untuk mempromokan pola hidup sehat dengan beraktivitas fisik serta beberapa pekerjaan positif yang lain di ruang spesial atau jalan bebas kendaraan bermotor.

Menteri Kesehatan Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K) menyampaikan program ini menggerakkan terciptanya penduduk yang damai, inklusif, kuat, sehat serta serasi. Ia mengutamakan jika pentingnya mengaplikasikan pola hidup sehat dalam kehidupan keseharian karena sekarang ini penyakit tidak menyebar (PTM) tingkat peristiwanya telah makin besar di banding penyakit menyebar.

” PTM telah jadi permasalahan didunia, kalaupun kita lihat gaya hidup di negara maju seperti di negara Skandinavia contohnya, style hidupnya tidak cuma berolahraga tetapi dari alur makan, mereka pikirkan juga makan yang belebihan serta terbuang banyak, ” kata Nila.

Dia juga mengemukakan jika Kementerian Kesehatan begitu mensupport ada ASEAN CFD karena searah dengan semangat Pergerakan Penduduk Kehidupan Sehat atau Germas. ” Seperti kita kenali, mempraktekan pola hidup sehat, seperti berolahraga, merupakan sisi dari usaha mencegah penyakit karena jadikan badan kita bugar serta pikiran lebih positif, ” tutur Nila.

Dia mengharap supaya acara peluncuran ASEAN CFD bisa menyiapkan ruangan gerak yang luas buat kerjasama multi bidang yang solid di tingkat nasional serta ASEAN dalam rencana mengaplikasikan pola hidup sehat serta bangun budaya penduduk yang suka lakukan usaha mencegah.

Saya begitu mengutamakan ujung dari semuanya merupakan kesehatan, sekarang ini musim tidak jelas serta mengganggu ketahanan pangan sekaligus juga kesehatan, kalaupun kita tidak menggerakkan kementerian lainnya ini akan tidak sukses, mesti ada kesadaran nasional serta dunia, kita tidak dapat berdiri dengan sendiri, ” tutur Nila.

ASEAN CFD sudah diresmikan oleh Menteri Pengaturan Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Perwakilan masih untuk Asean di Jakarta, Sekretaris Jenderal Asean serta Deputi Sekretaris Jenderal untuk Komune Sosial Budaya ASEAN. Awal mulanya pada bulan September 2017 beberapa menteri kesehatan ASEAN juga sudah menguatkan prinsip bidang kesehatan dalam usaha menangani ancaman dari PTM seperti diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular lewat ASEAN CFD serta dengan simultan beberapa negara ASEAN lainnya nanti akan membuat hari bebas kendaraan bermotor di semasing negara.

Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani menjelaskan pemerintah Indonesia mengatakan terima kasih pada ASEAN yang sudah menunjuk Indonesia jadi lead sekaligus juga host Country ASEAN CFD.

” Kami yakin ASEAN CFD bisa jadi fasilitas yang baik buat pembangunan penduduk Asean terpenting di bagian kesehatan dengan berbarengan beraktivitas fisik ataupun edukasi kesehatan di selama Car Free Day, kami memiliki komitmen untuk selalu meneruskan penyelenggaraan program ini di Indonesia serta kelanjutannya di ASEAN, ” kata Puan.

 Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Palsukan Oli, Pemilik Bengkel Belajar Secara Otodidak

Palsukan Oli, Pemilik Bengkel Belajar Secara Otodidak JAKARTA – Pengoplos oli dalam suatu bengkel Jalan ...