Home / News / DPR Diminta Gaungkan Isu Pariwisata di Forum Parlemen Dunia

DPR Diminta Gaungkan Isu Pariwisata di Forum Parlemen Dunia

DPR Diminta Gaungkan Isu Pariwisata di Forum Parlemen Dunia

JAKARTA – The 2nd World Parliamentary Komunitas on Sustainable Development (WPFSD) diselenggarakan di Bali semenjak Rabu 12 September 2018 sampai ini hari.

Acara yang dibarengi seputar 45 negara itu mengangkat topik Menuju Daya Berkepanjangan untuk Semua.

Acara komunitas parlemen dunia untuk pembangunan berkepanjangan itu di hadiri juga Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Agus Hermanto, serta Utut Adianto, dan Ketua Tubuh Kerja Sama Antarparlemen DPR (BKSAP) Nurhayati Ali Assegaf.

Anggota DPR dari daerah penentuan Bali Putu Supadma Rudana mengharap parlemen Indonesia menjadi tuan-rumah bisa ambil banyak peranan strategis dalam menggaungkan pariwisata serta ide daya yang ramah pada lingkungan.

Karena, lanjut dia, Indonesia dalam ide daya terbarukan tidak menempatkan diri menjadi objek atau market tetapi mesti pada tingkatan menjadi subyek atau produsen .

“Dengan pertemuan parlemen ini, kita bisa bangun beberapa kerja sama juga dengan parlemen negara maju yang telah pikirkan jauh ke depan untuk memakai daya baru tebarukan itu,” papar Putu dalam info tertulisnya, Kamis (13/9/2018).

Orang politik Partai Demokrat ini dapat memperingatkan Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat jadi Presiden Global Green Growth Institute (GGGI), organisasi yang beroperasi di sektor sustainable development dalam daya yang terbarukan. GGGI itu tetap fokus pada green energy, green tourism, eco-tourism serta yang lain yang digagas lewat fraksi Partai Demokrat.

Dengan begitu, sambung dia, parlemen Indonesia dapat jadi pemimpin dalam bangun ide pembangunan bekerlanjutan yang terlalu fokus pada new and renewable energy itu.

“Dengan mulai hindari energi-energi yang bisa mengakibatkan kerusakan alam seperti fossil fuel hingga mengakibatkan pergantian iklim,” tutur anggota Komisi DPR yang mengepalai bidang pariwisata ini.

Dia memiliki pendapat, esensi pekerjaan itu untuk memperoleh benefit sebesar-besarnya buat penduduk Indonesia, terutamanya penduduk Bali dengan keinginan ekonomi penduduk lebih bertambah.

Pekerjaan dunia itu, lanjut dia, juga memiliki efek semakin besar yakni keyakinan dunia pada kepariwisataan Bali menguat saat bencana alam erupsi Gunung Agung serta Gempa Lombok.

“Delegasinya lumayan besar, yakni 45 negara dan 500 orang ada untuk bermalam serta tinggal di Bali untuk lihat seni budaya Bali, beli cinderamata atau souvenir Bali, serta berkunjung ke beberapa tempat pariwisata Bali, hingga memberitahu pada semua penduduk di negaranya semasing jika Bali indah, memesona serta aman untuk didatangi. Ini ialah peran riil” tuturnya.

Dia juga mengharap Pulau Dewata dapat jadi ide buat beberapa delegasi parlemen dunia dalam usaha mengimplementasikan semangat ide daya baru terbarukan. Ditambah lagi Bali ialah daerah yang masyarakatnya mempunyai semangat bersinergi dengan alam.

“Saya pikir Bali jadi tuan-rumah menjadi satu simbol, Bali juga jadi satu daya tarik terpenting serta mempunyai semangat seni, budaya, serta alam yang memang benar-benar bisa memberikan inspirasi dunia,” katanya.

Dia meneruskan, penduduk Bali mempunyai ide dalam melakukan kehidupannya keseharian. Diantaranya, bagaimana pada manusia serta alam sama-sama berdampingan untuk terima karunia dari penciptanya, atau yang diketahui menjadi ide kosmologi Tri Hita Karana sebagai falsafah hidup kuat.

Putu memberikan, falsafah itu mempunyai ide yang bisa melestarikan keaneka ragaman budaya, serta lingkungan di dalam hantaman globalisasi serta homogenisasi.

“Misalnya, perayaan Hari Nyepi, semangatnya ialah memberi alam beristirahat. Lalu, skema pengairan sawah tradisionil Bali (Subak) yang sifatnya mengetahui alam bukan mengeksploitasinya, hingga ini adalah daya alam yang butuh disuarakan yang sedikit didapati penduduk dunia,” katanya.

 Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Duduk di Motor, Bocah 10 Tahun Terluka Ditabrak Hummer

Duduk di Motor, Bocah 10 Tahun Terluka Ditabrak Hummer JAKARTA – Seseorang bocah lelaki bernama ...