Home / News / Ekonomi / Defisit Transaksi Berjalan Membuat Rupiah Gonjang-ganjing

Defisit Transaksi Berjalan Membuat Rupiah Gonjang-ganjing

Defisit Transaksi Berjalan Membuat Rupiah Gonjang-ganjing

JAKARTA – Bak kapal terombang-ambing oleh badai ketidakpastian ekonomi global, kurs rupiah pada Selasa (4/9/2018) juga gonjang-ganjing di pasar spot. Di buka melemah 7 point ke level Rp14.822 per USD, nilai ganti rupiah pada dolar Amerika Serikat (USD) berbalik rebound 35 point atau 0,24% ke level USD14.780 per USD pada jam 10.00 WIB.

Selain itu, pada perdagangan Senin tempo hari, rupiah di indeks Bloomberg ditutup anjlok ke level Rp14.815 per USD, adalah level terburuk semenjak 20 tahun alias 1998.

Mengenai kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang diedarkan Bank Indonesia, rupiah pada Selasa pagi hari ini ada di Rp14.840 per USD, melemah 73 point atau 0,49% dari level Rp14.767 per USD pada Senin tempo hari.

Seirama, mata uang NKRI di data Yahoo Finance terpantau melemah 10 point atau 0,07% ke level Rp14.818 per USD, dibanding penutupan Senin tempo hari di angka Rp14.808 per USD.

Kepala Penelitian MNC Sekuritas Edwin Sebayang menyampaikan, melemahnya rupiah selama tahun ini dikarenakan defisit transaksi berjalan (current akun deficit/CAD) yang melebar dari Produk Domestik Bruto. Bank Indonesia mencatat, CAD kuartal II 2018 sebesar US$ 8 miliar atau 3,0% dari PDB.

Karenanya, Edwin menilainya untuk menangani permasalahan CAD ini ialah meningkatkan harga bahan bakar minyak (BBM) serta tarif basic listrik (TDL). Akan tetapi, hal itu susah dikerjakan pemerintah karena masuk tahun politik. Kebijakan itu begitu tidak populis. Langkah lainnya, pemerintah mesti selalu menggenjot export serta tingkatkan industri manufaktur di Indonesia.

“Rupiah masuk level paling rendah saat 20 tahun. Seperti yang sudah-sudah, mendekati ke level Rp15.000 per USD yang telah di muka mata, pemerintah mulai repot panggil menteri kiri serta kanan untuk meeting, larang sini serta sana,” ujarnya.

 Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Acuhkan Teriakan Warga, Asep Tewas Tertabrak Kereta Api di Tebet

Acuhkan Teriakan Warga, Asep Tewas Tertabrak Kereta Api di Tebet JAKARTA – Masyarakat Bukit Duri ...