Home / News / Ekonomi / Cadangan Devisa Terus Meningkat

Cadangan Devisa Terus Meningkat

Cadangan Devisa Terus Meningkat

Gedung Bank Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Bank Indonesia ( BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2017 mencapai 129,4 miliar dollar AS. Angka tersebut meningkat dibandingkan posisi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 128,8 miliar dollar AS.

Menanggapi posisi cadangan devisa Indonesia yang terus meningkat, Gubernur BI Agus DW Martowardojo menuturkan, hal tersebut tidak lepas dari kondisi makroekonomi Indonesia yang baik. Pemulihan ekonomi juga terus berjalan.

“Kondisi makroekonomi Indonesia menunjukkan kondisi yang semakin baik. Pemulihan ekonomi terus berjalan,” kata Agus di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (6/10/2017).

Agus menuturkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2017 juga menunjukkan banyak perbaikan. Investasi bangunan maupun nonbangunan, serta kinerja ekspor juga menunjukkan perbaikan.

Penjualan ritel, imbuh Agus, juga dalam kondisi baik. Inflasi indeks harga konsumen (IHK) juga terjaga pada posisi 0,13 persen pada bulan September 2017 lalu.

Dalam laporannya, bank sentral menyatakan, peningkatan cadangan devisa pada akhir September 2017 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa yang berasal dari penerimaan pajak dan devisa hasil ekspor migas bagian pemerintah, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas.

“Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Kemenkeu Targetkan Rp20 Triliun Untuk Penjualan SUN

Kemenkeu Targetkan Rp20 Triliun Untuk Penjualan SUN JAKARTA – Direktorat Jenderal Pembiayaan serta Pengendalian Kemungkinan ...