Home / News / Kesehatan / Bunga Asoka Membantu Sembuhkan Luka Gigi Lebih Cepat

Bunga Asoka Membantu Sembuhkan Luka Gigi Lebih Cepat

Bunga Asoka Membantu Sembuhkan Luka Gigi Lebih Cepat

YOGYAKARTA – Sakit gigi benar-benar merepotkan. Orang juga terkadang senang kebingungan untuk mencari obat yang dapat meredakannya. Diluar itu, untuk mereka yang tidak senang obat kimia akan mencari alternatif obat herbal untuk meredakan rasa sakit mengagumkan itu.

Beberapa tanaman yang berada di lingkungan kita nyatanya dapat mengobati sakit gigi. Diantaranya ialah bunga asoka (Ixora coccinea) yang dapat menyebuhkan luka pascagigi dicabut.

Tiga mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Kampus Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yakni Dhiyaul Muslimah, Zahwa Ayu Sarastiti serta Nisrina Nur Khasna, mempelajari kandungan tanaman yang banyak digunakan orang-orang menjadi obat herbal dengan turun temurun ini. ”Kami berupaya mempelajari kandunganya lihat rutinitas orang-orang memakai bunga asoka dalam penyembuhan tradisionil, ” tutur Nur Khasanah di UGM Rabu (11/07/2018).

Dari riset yang dikerjakan ke-3 mahasiswi ini di ketahui jika bunga asoka memiliki kandungan beragam senyawa fitokimia seperti flavonoid, saponin, serta tannin. Flavonoid di ketahui bertindak dalam melawan infeksi bakteri juga menjadi antiinflamasi serta antiviral.

“Sementara tannin mempunyai karakter menjadi antimikroba, antiseptik, serta antimikroba, ” kata Nur Khasanah.

Saponin yang berada di bunga asoka juga berbentuk antiinflammsi yang efisien dalam pengobatan edema (tanggapan inflamasi). “Senyawa ini dapat mempunyai dampak antimikroba yang bisa menghalangi kegiatan bakteri serta jamur, ” tutur Sarastiti.

Tahu kandungan bunga asoka yang banyak manfaat itu mereka lalu mempelajari lebih mendalam potensi tanaman yang gampang didapatkan ini untuk pengobatan luka paska pencabutan gigi. Makin cepat penyembuha jadi bisa kurangi tingkat kesakitan serta potensi terjadinya infeksi.

Dari eksperimen yang dikerjakan memberikan indikasi jika ekstrak bunga asoka dapat percepat sistem pengobatan luka paska pencabutan gigi. “Penelitian memakai marmut yang dicabut giginya serta dikasihkan ekstrak bunga asoka pada luka itu di ketahui ada pembentukan pembuluh darah yang disebut tanda sistem pengobatan luka, ” tutur Muslimah.

 Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Polisi Bekuk Terduga Pengedar Narkoba di Pondok Aren Tangerang

Polisi Bekuk Terduga Pengedar Narkoba di Pondok Aren Tangerang TANGERANG – Tersangka pengedar narkoba yang ...