Home / News / Bawaslu Akui Bakal Banyak Sengketa di Pilkada Serentak

Bawaslu Akui Bakal Banyak Sengketa di Pilkada Serentak

Bawaslu Akui Bakal Banyak Sengketa di Pilkada Serentak

Bawaslu Akui Bakal Banyak Sengketa di Pilkada Serentak

JagoBola.com – Pilkada serentak akan mulai digelar tahun ini. Ketua Bawaslu Nasrullah mengatakan, salah satu persoalan yang akan muncul dari pilkada serentak adalah sengketa hasil pilkada.

Menurutnya, ada dua model sengketa yaitu sengketa hasil pilkada dan sengketa hasil setelah diputuskan MK.

“Jadi sengketa yang bisa disebabkan oleh proses jika orang yang tidak puas terhadap KPU melalui proses mengawasi pemilih bisa saja diajukan keberatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN),” katanya dalam diskusi publik bertema ‘Formulasi Sengketa di Badan Pengawas Pemilu,’ Jakarta, Jumat (20/3).

Nasrullah mengatakan, sengketa hasil pilkada terjadi akibat dari ketidakpuasan peserta pada pemilu.

“Pintu pertama penyelesaian adalah melalui pengawas pemilu baru ke Pengadilan Tata Usaha Negara yang bersifat final,” tambahnya.

Dalam pilkada langsung ini Bawaslu mempunyai formulasi untuk mengawasi jalannya pilkada serentak dengan partisipasi rakyat yang mencakup 3 hal yaitu kapasitas, netralitas, dan integritas.

“Bawaslu coba mendesign untuk partisipasi rakyat untuk membantu daerah yang rawan dengan sudah melakukan pendekatan ke beberapa titik dengan stake holder seperti perguruan tinggi dan kelompok organisasi masyarakat yang ada di setiap daerah, guna menelusuri menginvestigasi dan pencegahan,” pungkasnya.

About Jago Bola

JagoBola.com Situs Prediksi Bola Online dan Berita Bola Online Terupdate, Prediksi Sepak Bola, Berita Sepak Bola, News, Gosip Artis

Check Also

Punya Motor Lawas, Baiknya Jangan Ubah Bentuk

Punya Motor Lawas, Baiknya Jangan Ubah Bentuk Mengubah bentuk sepeda motor lewat modifikasi kerap dianggap ...