Home / News / Kesehatan / Awas, Berada di Toilet Lebih dari 15 Menit Bisa Picu Wasir!

Awas, Berada di Toilet Lebih dari 15 Menit Bisa Picu Wasir!

Awas, Berada di Toilet Lebih dari 15 Menit Bisa Picu Wasir!

JAKARTA – Riset paling baru tunjukkan jika sangat lama duduk di toilet dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Karenanya beberapa pakar merekomendasikan untuk hadir ke toilet waktu perut merasa mulas atau ingin buang air besar (BAB) dengan waktu tidak lebih dari 15 menit di toilet.

” Karena bila tidak kebelet, mungkin saja Anda justru memaksa atau mendesak supaya keluar serta cepat usai. BAB tidaklah sistem asal keluar, ” papar Gregory Thorkelson, MD, pakar pencernaan di University of Pittsburgh.

Dikutip dari Men’s Health, Gregory menuturkan memaksa atau mendesak kotoran sampai keluar bisa tingkatkan resiko terjadinya pembengkakan pembuluh darah di seputar anus dengan kata lain wasir. Keadaan ini mengakibatkan rasa nyeri sampai berdarah. Bila buang air besar di toilet sembari lakukan tugas lainnya seperti bermain gadget serta membaca koran, bisa menghilangkan rasa kebelet.

” Ada pergerakan peristaltik, suatu kontraksi progresif yang memiliki irama yang menggerakkan feses Anda dalam usus, mengakibatkan rasa mulas. Lalu waktu feses hingga di rektum, baru merasa kebelet, ” tutur dia.

Sesaat bila tidak selekasnya ke kamar mandi waktu perut merasa mulas, mengakibatkan peristaltik terbalik. Suatu keadaan feses bebalik lagi ke usus serta bikin sistem BAB makin sulit karena feses yang mengeras. Bila rasa mulas hilang, cepatlah bangkit dari toilet serta tunggulah hingga gelombang mulas kembali dalam sebagian jam.

Sedang, bila Anda memerlukan waktu lebih dari 15 menit untuk BAB, hal tersebut mengisyaratkan ada permasalahan pada kesehatan. Seperti stres yang bisa kurangi peristaltik serta melambatkan pergerakan usus.

Supaya BAB gampang serta tidak menghabiskan waktu lebih dari 15 menit di toilet, Gregory merekomendasikan untuk konsumsi 38 gr serat /hari. Pasalnya, kurang serat jadi salah satunya pemicu sulitnya BAB. Terkecuali serat, mengkonsumsi kopi dapat juga membuat lancar BAB. Riset dari Scandinavian Journal of Gastroenterology mengatakan jika kontraksi otot dalam pergerakan peristaltik dapat dipicu oleh kopi.

 Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Acuhkan Teriakan Warga, Asep Tewas Tertabrak Kereta Api di Tebet

Acuhkan Teriakan Warga, Asep Tewas Tertabrak Kereta Api di Tebet JAKARTA – Masyarakat Bukit Duri ...