Home / Entertainment / Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

RENTETAN tiga kejadian kasus bom kasus terorisme di Surabaya dan Sidoarjo dalam dua hari sejak Minggu hingga Senin (13-14/5/2018) memantik berbagai spekulasi berupa teori konspirasi terkait apa penyebab dan juga siapa pelakunya. Terlepas pro-kontra keberadaannya, bekerjanya teori konspirasi jauh hari sudah muncul di sejumlah film-film box office terbaik Hollywood. Berikut ini film-film bertemakan teori konspirasi.

1. All the President’s Men (1976)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film ini bermula dari kasus spionase, pencurian dan penyadapan di salah satu markas milik Partai Nasional Demokrat Amerika Serikat, Watergate. Kemudian dua orang jurnalis The Washington Post mencoba untuk menguak kasus yang mereka anggap penuh konspirasi. Dua jurnalis tersebut yakni Bob woodwart dan Carl Bernstein. Investigasi kedua jurnalis ini berbuntut pada pengunduran diri Presiden Richard Nixon.

2. JFK (1991)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Harus diakui jika film yang disutradari Oliver Stone ini merupakan salah satu film semi dokumenter terbaik yang pernah ada. Film ini menceritakan investigasi yang dilakukan oleh seorang pengacara wilayah mengenai drama pembunuhan JFK.

3. Conspiracy Theory (1997)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film ini menceritakan seorang maniak teori konspirasi bernama Jerry Fletcher (Mel Gibson) yang seorang sopir taxi. Pria tampan berpenampilan cuek tapi terlihat cerdas tersebut sedang kasmaran dengan seorang wanita bernama Alice Sutton (Julia Roberts) yang bekerja untuk pemerintah. Jerry yang sangat kritis terhadap kebijakan pemerintah memiliki teori yang disebutnya Conspiracy Theory atas dugaan pembantaian yang dilakukan beberapa politikus. Ternyata, tanpa diduga salah satu teori Jerry menjadi kenyataan. Sehingga tak heran, Jerry pun diburu oleh sekelompok orang asing atas suruhan politikus yang terlibat dalam teori konspirasi Jerry.

4. Syiriana (2005)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film ini dibintangi oleh George Clooney dan menceritakan mengenai konspirasi yang dilakukan perusahaan-perusahaan minyak dunia dari timur tengah Eropa dan Amerika untuk mengontrol politik ekonomi hingga permasalahan sosial di dunia untuk perannya di film ini George Clooney memenangkan Oscar di kategori Best Supporting Actor.

5. The Black Dahlia (2006)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film yang disutradari oleh Brian De Palma ini mengungkap misteri pembunuhan secara keji mutilasi yang menyebabkan pihak berwajib melarang foto korban diterbitkan dan dikonsumsi publik. Ini merupakan cerita dari kejadian nyata tahun 1947 Elizabeth Short adalah korbannya tapi yang mengaku membunuhnya sangat banyak karena ingin mendapatkan sensasi.

6. Da Vinci Code (2006)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Film ini menceritakan seorang ahli simbol Universitas Harvard bernama Robert Langdon yang sedang berada di Paris dalam rangka urusan bisnis. Suatu malam, ia menerima telepon penting yang mengabarkan terbunuhnya seorang kurator bernama Jacques Sauniere di museum terkenal Louvre. Akhirnya sang professor dimintai bantuan memecahkan misteri pembunuhan tersebut. Kemudian Langdon langsung menyelidiki kasus aneh tersebut dan ia sangat terkejut saat mendapatkan bahwa semua itu berhubungan dengan sejumlah petunjuk yang mengarah pada lukisan Mona Lisa karya maestro terkenal Leonardo da Vinci.

7. Body of Lies (2008)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

CIA sedang mengejar teroris paling berpengaruh usai invasi Irak oleh AS. Dua orang ditugaskan melacak keberadaan si teroris. Dalam perkembangannya, dengan bantuan teman mereka yang hacker, Roger Ferris memunculkan ide brilian untuk membuat satu aksi yang seakan-akan berasal dari kelompok teroris berbeda namun menyasar target yang sama: fasilitas dan properti AS. Sasarannya adalah pangkalan udara AS di Incirlik, Turki. Body of Lies melatih kita untuk merangkai teori konspirasi dengan menjalin, merangkai, lantas menyimpulkan, berbagai aksi.

8. Traitor (2008)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Samir Horn harus menghidupi dirinya sebagai penjual senjata ilegal. Karena profesinya itu, ia akhirnya harus mendekam di penjara, situasi yang membuatnya berkenalan dengan sesama tahanan kasus terorisme. Keluar dari penjara, Horn terus menjalin hubungan dengan komplotan itu dan merancang plot untuk menghancurkan properti AS. Namun dalam perenungannya, Horn merasa aksinya itu tidak benar, sadar, dan akhirnya melaporkannya secara tersembunyi kepada FBI. Traitor menggambarkan kalau teroris dapat dimanfaatkan membantu menumpas teroris lain.

9. Angels & Demons (2009)

Film-Film Terkenal Berbalut Teori Konspirasi

Sekuel dari Da Vinci Code, Robert Langdon kali ini diminta untuk memecahkan kode yang dikirim kelompok Illuminati kepada Vatikan. Aksi tersebut mengingatkan mereka pada aksi Vatikan terhadap sebagian ilmuwan Illuminati di zaman pertengahan karena dianggap menyimpang karena dianggap sebagai aksi balas dendam. Meskipun Langdon sempat berpikir kalau Vatikan telah diinfiltrasi oleh Illuminati, ternyata itu hanyalah kedok untuk mencegah agar Vatikan tidak keluar dari khittahnya. Angels & Demons menantang kita untuk berpikir tentang siapa pelaku sebenarnya.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Cara Aurel Hermansyah Cepat Move On dari Urusan Asmara

Cara Aurel Hermansyah Cepat Move On dari Urusan Asmara   JAKARTA – Putus cinta memanglah jadi hal yang ...