Home / Berita Bola / Studi Harga Pemain: Coutinho Kemahalan, Harusnya di Bawah Rashford

Studi Harga Pemain: Coutinho Kemahalan, Harusnya di Bawah Rashford

Studi Harga Pemain: Coutinho Kemahalan, Harusnya di Bawah Rashford

Neuchatel – Transfer Philipppe Coutinho ke Barcelona dianggap kemahalan. Apalagi nilai jual Coutinho sebenarnya di bawah penyerang Manchester United Marcus Rashford.

Coutinho baru saja meresmikan kepindahannya ke Barca dengan harga 143 juta pound atau sekitar Rp 2,7 triliun dengan kontrak 5,5 tahun. Harga beli Coutinho ini pun bernilai sepuluh kali lipat lebih dari saat Liverpool mendatangkannya dari Inter Milan Januari 2013.

Dengan nilai transfernya itu, Coutinho kini jadi pemain termahal dunia kedua setelah Neymar yang digaet Paris St-Germain dengan banderol 222 juta pound musim panas lalu. Tapi ada yang bilang kalau Barca terlalu banyak keluar untuk mendatangkan Coutinho.

Adalah hasil studi CIES Football Observatory yang menyatakan demikian. Menurut lembaga yang sudah terbukti kredibilitasnya itu, Coutinho sebenarnya hanya ada di urutan ke-16 dengan harga 106,8 juta pound atau sekitar Rp 1,9 triliun.

Itu artinya Barca kelebihan sekitar 37 juta pound saat membeli Coutinho. Bahkan harga Coutinho masih kalah tipis ketimbang Rashford yang dihargai 112 juta pound atau sekitar Rp 2,03 triliun.

Tak cuma Coutinho, CIES juga menilai harga transfer Neymar kemahalan. Meski demikian, Neymar tetap ada di urutan teratas pemain dengan value termahal, 188 juta pound (Rp 3,4 triliun) atau lebih murah sekitar 33 juta pound dari harga belinya. Di urutan kedua ada Lionel Messi dengan 178,5 juta pound atau sekitar Rp 3,2 T.

Di posisi ketiga ada penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane yang punya harga 172 juta pound atau senilai Rp 3,1 T. Kylian Mbappe di posisi keempat dengan 170 juta pound atau sekitar Rp 3 triliun.

Melengkapi posisi lima besar ada penyerang Juventus Paulo Dybala dengan harga 154 juta pound atau sekitar Rp 2,8 T.

Lalu di manakah Cristiano Ronaldo? Pemilik lima trofi Ballon d’Or itu kini cuma dihargai 71 juta pound atau sekitar Rp 1,2 T dan ada di posisi ke-49.

Sementara itu bek termahal dunia saat ini Virgil van Dijk yang dibeli Liverpool dengan banderol 75 juta pound sebenarnya hanya pantas dihargai 44,8 juta pound (Rp 814 M).

Dari sepuluh besar pemain dengan value tertinggi, ada lima pemain dari Premier League, dua dari La Liga, dua dari Ligue 1, dan satu dari Serie A. Dele Alli, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, dan Paul Pogba menjadi wakil Premier League lainnya yang diselingi Antoine Griezmann.

Harga Pemain menurut Studi CIES

1. Neymar (PSG) – 188 juta pound
2. Lionel Messi (Barcelona) – 178.5 juta pound
3. Harry Kane (Tottenham) – 172 juta pound
4. Kylian Mbappe (PSG) – 170 juta pound
5. Paulo Dybala (Juventus) – 154 juta pound
6. Dele Alli (Tottenham) – 151,25 juta pound
7. Kevin de Bruyne (Manchester City) – 148 juta pound
8. Romelu Lukaku (Manchester United) – 145,5 juta pound
9. Antoine Griezmann (Atletico Madrid) – 132 juta pound
10. Paul Pogba (Manchester United) – 130 juta pound

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Bahas Aubameyang, Wenger Lebih Suka Rahasia-rahasiaan

Bahas Aubameyang, Wenger Lebih Suka Rahasia-rahasiaan London – Arsene Wenger ditanya soal kabar yang mengaitkan Pierre-Emerick ...