Home / Berita Bola / Liverpool Sukses Jegal City, Tim Lain Bisa?

Liverpool Sukses Jegal City, Tim Lain Bisa?

Liverpool Sukses Jegal City, Tim Lain Bisa?

London – Liverpool jadi tim pertama yang sukses menaklukkan Manchester City di Premier League pekan ini. Mampukah tim lain mengikuti jejak mereka?

Liverpool menaklukkan City 4-3 di Anfield, Minggu (14/1/2018) lalu. Di laga tersebut, tuan rumah tampil impresif dan sempat unggul telak 4-1 sebelum akhirnya kebobolan dua gol di menit-menit akhir.

Anak-anak Merseyside pun sukses menghentikan tren tak terkalahkan City yang sudah berlangsung 22 pekan. Sejak liga musim ini dimulai, The Citizens memetik 20 kemenangan dan cuma dua kali berimbang, sebelum akhirnya dihentikan Liverpool.

Kekalahan City juga menunjukkan bahwa pada akhirnya ada cara untuk meredam skuat besutan Pep Guardiola tersebut. Sebelumnya tim-tim lain sudah gagal menjegal City dengan rencana permainan masing-masing. Mulai dari bermain dengan pertahanan amat dalam, atau meladeni permainan menyerang mereka seperti yang dilakukan Tottenham Hotspur.

Eks bek Manchester United dan tim nasional Inggris Gary Neville menyebut Liverpool punya modal kuat untuk menghentikan City. Liverpool punya gaya bermain khusus, yakni dengan pressingnya, yang bisa membuat City cukup gugup memegang bola.

Liverpool sudah amat terlatih untuk menekan balik lawan sebagai sebuah unit dan punya energi untuk itu. Selain itu, tiga pemain di depan yakni Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah punya kecepatan untuk mengekspos pertahanan garis tinggi City.

Pada akhirnya, suntikan mental dari suporter di Anfield juga memungkinkan Liverpool bermain dengan energi tinggi. Hal-hal inilah yang membuat Neville yakin kemenangan Liverpool atas City akan sulit direplikasi tim-tim lain.

“Alasan kenapa itu sulit adalah karena Liverpool punya para pemain yang terbiasa dengan menekan lawan, manajer yang terbiasa dengan menekan lawan, dan stadion yang secara emosional menyokong Anda untuk melakukannya,” kata Neville dikutip Sky Sports.

“Juga, kecerdasan dari enam pemain (tengah dan depan) yang fantastis. Tiga pemain depan terkoneksi sebagai sebuah unit. Anda bicara soal unit berisi empat bek, tapi mereka adalah sebuah unit dalam melakukan pressing kemarin.”

“Seluruh tiga pemain di depan terhubung satu sama lain sepanjang waktu dan begitu juga tiga pemain tengah. Tidak banyak tim di Premier League yang punya energi dari enam pemain tersebut, atau kualitas untuk melakukan yang mereka lakukan dengan penyelesaian peluangnya.”

“Apakah tim-tim lain punya energi, kualitas, atau kecerdasan untuk melakukan itu? Saya tak yakin,” imbuhnya.

Post By : Jagobola.com

About jagoanbola

Check Also

Florenzi Selamatkan Serigala dari Kekalahan

Florenzi Selamatkan Serigala dari Kekalahan Jakarta – AS Roma selamat dari kekalahan waktu berkunjung ke ...