Home / Berita Bola / Kumpulkan Klub, Tim Transisi Umumkan Akan Gelar Liga

Kumpulkan Klub, Tim Transisi Umumkan Akan Gelar Liga

Kumpulkan Klub, Tim Transisi Umumkan Akan Gelar Liga

Kumpulkan Klub, Tim Transisi Umumkan Akan Gelar Liga

JagoBola.com – Tim Transisi mengundang klub-klub ISL dan Divisi Utama untuk memaparkan rencana menggelar kompetisi liga. Seluruh klub diundang ikut berpartisipasi dalam kompetisi liga tersebut.

Sosialisasi terhadap rencana dihelatnya kompetisi liga itu digelar di Wisma Kemenpora, Jumat (11/3/2016) siang WIB. Ada 40 klub yang hadir, namun cuma Semen Padang yang merupakan klub ISL.

Pendaftaran untuk klub sudah dibuka mulai hari ini, dan akan berakhir sampai bulan Mei mendatang. Verifikasi klub akan dilakukan pada bulan Juni-Juli 2016.

Kompetisi versi Tim Transisi akan dimulai pada bulan Agustus mendatang, dan direncanakan akan berlangsung selama delapan bulan. Direncanakan hanya ada satu kasta di musim pertama.

Meski mengundang seluruh klub berpartisipasi, pada akhirnya tidak semua klub akan bisa ikut kompetisi. Tim transisi menetapkan lima syarat yang sesuai dengan Undang-Undang RI, yakni (1) akta pendirian PT klub, (2) NPWP, (3) jaminan kesehatan untuk para pemain, (4) izin kerja untuk para tenaga kerja asing dari pihak keimigrasian, dan (5) bukti pembayaran pajak.

Selain itu klub yang berpartisipasi juga diwajibkan mengikuti lima aspek klub profesional sesuai FIFA dan AFC.

“Untuk musim pertama kami menerima pendaftaran sebanyak-banyaknya. Tapi, akan ada verifikasi sesuai dengan lima aspek syarat undang-undang RI, dan lima aspek klub profesional sesuai FIFA dan AFC,” kata anggota Tim Transisi, Cheppy T. Wartono, saat ditemui oleh pewarta seusai pertemuan dengan klub-klub.

“Untuk musim pertama, kompetisi akan dibagi menjadi dua wilayah barat dan timur. Kasta tertinggi baru akan ada di tahun 2017, dengan jumlah 14 atau 16 klub. Sementara untuk kasta di bawahnya akan dilihat lagi dengan jumlah klubnya nanti,” imbuhnya.

Sedangkan lima aspek klub profesional adalah aspek legal, infrastruktur, sporting, SDM manajerial, dan finansial.

Ada beberapa janji yang diungkapkan Cheppy untuk klub yang lolos ke kompetisi level teratas di musim depan.

“Akan ada bapak angkat untuk klub-klub level teratas. Asalnya dari BUMN atau perusahaan swasta. Selama ini sebenarnya ada BUMN dan perusahaan swasta yang ingin mensponsori klub, tapi karena laporan keuangan yang tak jelas, membuat mereka menjadi takut. Karena berapapun uang yang diberikan ke klub laporannya tak jelas,” ujar Cheppy.

“Selain itu kami sudah ditawari kerjasama dengan akademi klub-klub luar negeri,” ungkapnya.

Ketua Tim Transisi, Bibit Samad Rianto, juga mengaku bahwa pihaknya sudah mempunyai rencana jangka panjang untuk persepakbolaan nasional.

“Kalau kami diberi kepercayaan, Insyaallah kami sudah mempunyai blue print untuk 30 tahun ke depan,” ujar Bibit kepada pewarta.

About jagoanbola

Check Also

Milan Terlepas Manuel Locatelli ke Sassuolo

Milan Terlepas Manuel Locatelli ke Sassuolo Milan – Gelandang muda Italia Manuel Locatelli tak akan ...