Home / Berita Bola / Klopp Masuk Tahun Ke-3, Dapatkah Liverpool Juara Premier League

Klopp Masuk Tahun Ke-3, Dapatkah Liverpool Juara Premier League

Klopp Masuk Tahun Ke-3, Dapatkah Liverpool Juara Premier League

Liverpool – Bila memeriksa karir Juergen Klopp, semestinya Liverpool bisa saja juara Premier League musim ini. Tetapi, dapatkah Klopp betul-betul mewujudkannya?

Semenjak kiprah melatih tahun 2001 di Mainz, periode tersukses Klopp ialah bersama dengan Borussia Dortmund yang ditempuh sejak dari 2008 sampai 2015. Tujuh tahun berpakaian kuning-hitam, Klopp persembahkan dua titel Bundesliga serta satu trofi DFB-Pokal dan meluncur ke final Liga Champions 2013.

Tetapi, sukses yang didapatkan bersama dengan Dortmund tidak diraih dengan gampang mengingat Klopp mesti jatuh-bangun untuk bangun team yang solid sampai pada akhirnya dapat menggedor dominasi Bayern Munich.

Pada musim pertamanya, Klopp membawa Dortmund finish di tempat ke enam yang bersambung ke tempat ke lima pada musim kedua-duanya. Puncaknya ialah pada musim ketiganya pada 2010/2011 saat Dortmund jadi juara Bundesliga dengan cetak rekor point yaitu 81 dan mencapai 25 kemenangan.

Prestasi sama dicatat satu tahun selanjutnya saat Dortmund dibawa Klopp jadi juara Bundesliga lagi serta mencapai dobel titel selesai menaklukkan Bayern Munich di final DFB-Pokal.

Sesudah itu prestasi Klopp bersama dengan Dortmund alami penurunan yang diikuti dengan finish ke-7 pada musim terakhir kalinya melatih club itu. Sekarang, Klopp tengah melalui jalan sama di Premier League bersama dengan Liverpool.

Bila dihitung semenjak kehadirannya di Inggris pada Oktober 2015, tahun ini ialah tahun ketiganya ada di Inggris. Akan tetapi, bila diukur dari periode kepelatihannya, ini ialah musim penuh ketiganya bersama dengan Liverpool. Statistiknya juga bisa disebut lebih baik dari musim ke musim.

Sesudah cuma finish tempat ke-8 di tahun pertamanya pada 2016, Klopp membawa Liverpool naik ke tempat ke empat pada musim penuh pertamanya di 2017. Pada musim penuh kedua-duanya, Klopp kembali membawa The Anfield Gank duduk di tempat empat besar serta maju ke Liga Champions.

Masuk tahun penuh ketiganya, harapan untuk Klopp pasti semakin besar mengingat musim ini Liverpool telah keluarkan dana lebih dari 100 juta pound sterling untuk berbelanja pemain. Semua kemauan Klopp hampir tercukupi terpenting di bidang penjaga gawang dengan kehadiran Alisson Becker.

Sekarang tinggal bagaimana Klopp dapat melanjutkan tradisinya itu mengingat start Liverpool di Premier League termasuk bagus walau hanya mencapai dua point di dua pertandingan terakhir kalinya. Mohamed Salah dkk. sekarang berada di tempat ke-3 klassemen dengan 20 point, sama juga dengan Manchester City serta Chelsea, tetapi cuma kalah selisih gol.

Fans Liverpool pasti menanti tangan emas Klopp yang umumnya ampuh pada musim ke-3 melatih club. Dapat, Klopp?

“Yang pertama tetap jadi yang paling sulit. Ada ketidaksamaan pada cuma dapat berkompetisi sampai garis finish, lantas apa mental mereka cukuplah untuk dapat lewat laga-laga diakhir musim,” tutur bekas pemain Liverpool masa 80-an, Kevin Keegan, di Express.

“Saat Anda telah mengerjakannya, itu akan jadi pengalaman. Saat tidak pernah, Anda akan berfikir ‘bagaimana kami lakukan ini serta lakukan itu?,” sambungnya.

“Perasaan takut itu hilang saat sukses mengerjakannya, tetapi bila tidak tidak berhasil jadi Anda akan berfikir ‘Bagaimana langkah kami mengerjakannya?”

“Anda selalu menanyakan ke diri pribadi serta itu suatu yang lumrah,” tutup Keegan.

Post By : JagoBola.com

About jagoanbola

Check Also

Tampil Prima, Inter Patut Menang

Tampil Prima, Inter Patut Menang Milan – Pelatih Inter Milan Luciano Spalletti begitu senang dengan ...